Label

Jumat, 16 Mei 2014

Tips memilih Makanan yang Sehat

Makan Ikan dapat mengurangi Resiko Kebutaan



Menurut sebuaikan-segarh penelitian bahwasannya makan ikan sekali atau dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terjadinya kebutaan. Makan asam lemak omega-3, bisa membantu mencegah serangan degenerasi, kondisi yang menyebabkan kehilangan penglihatan secara bertahap. Asam lemak omega-3 umumnya ditemukan dalam ikan berminyak seperti salmon dan tuna kaleng.
Hasil penelitian mengatakan bahwa, makan satu atau dua porsi ikan seminggu bisa mengurangi resiko kehilangan penglihatan lebih dari 40% pada wanita tua. Penemuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan hasil yang sama pada pria.

pendapat dari salah satu peneliti terkemuka di dunia mengatakan bahwa ikan daging gelap tampaknya yang paling membantu. Menurunkan resiko itu tampaknya karena mula mula konsumsi ikan tuna kalengan dan ikan daging gelap. AMD disebabkan oleh merosotnya atau kematian sel - sel dalam makula, bagian retina yg digunakan untuk melihat lurus kedepan. Penyakit ini utamannya mempengaruhi orang berusia diatas 40 tahun, mencuri penglihatan penderita dengan menciptakan titik hitsm di pusat penglihatan dan perlahan - lahan membesar.
Dengan jumlah penderita AMD yang semakin meningkat tiga kali lipat dalam 20 tahun nanti seperti usia penduduk, ada kebutuhan mendesak untuk pemecahan .Selama lebih dari periode 10 tahun, kesehatan mata perempuan dilacak dengan fokus khusus pada AMD. Perempuan yg berpartisipasi mengembangkan degenerasi macula . Perempuan yg makan ikan satu atau lebih seminggu dua per lima, 40% memungkinkan mengembangkan kondisi itu lebih sedikit daripada mereka yang makan lebih sedikit ikan per bulan. Hasilnya menunjukkan , perempuan yg mengkonsumsi paling banyak asam lemak omega - 3 ditemukan dalam ikan memiliki hampir 2/5 resiko lebih rendah. Untuk asam lemak omega-6 asupan lebih tinggi dari asam linoleat tapi bukan asam arachinodic dikaitkan dengan resiko degenerasi makula terkait usia. Kita dapat menyimpulkan bahwa sebaiknya dalam memilih ikan haruslah hati - hati .

Gaya berkuliner 2012

Mendengar kata kuliner ??? sepertinya sudah sangat menjamur di telinga anda…. karena sekarang ini di tahun 2012 banyak sekali acara televisi yang menayangkan acara kuliner.. tapi memang benar jika banyak acara televisi yang banyak menayangkan acara wisata kuliner mengingat banyak orang yang ingin merefresh pikiran mereka yang sudah sangat penat dengan berbagai kesibukan mereka.. dan di tahun yang baru ini yaitu tahun 2012 pastinya ingin mencoba sesuatu yang pastinya juga baru salah satunya adalah dalam hal wisata kuliner apalagi bagi para muda mudi nieeee?????….. pasti sedang sibuk dan pusing mikir buat ngisi acara valentine mereka. biasanya dengan dinner dan menghabiskan malam valentine dengan pasangan mereka atau sekedar kumpul dengan teman - teman mereka atau keluarga… nah, buat kalian semuaaa gak usah pusing - pusing disini saya akan memberi ide untuk kalian semua. kalau sampai nggak nemuin tempat yang asik kalian juga bisa nyiptain kreasi kalian sendiri dengan menghidangkan sajian masakan hasil karya sendiri. ok ok ok…. selain coklat atau bunga yang menjadi andalan kalian di malam valentine pastinya kalian juga akan makan malam bareng donk….
ini dia jenis makanan yang sangat cocok buat menghabiskan malam kalian karena disediain hingga tengah malam … cocok sekali buat yang namanya nongkrong karena disajikan hingga tengah malam… dan rasanya juga cocok untuk semua lidah baik muda mudi dan sesepuh sekalipun.. hehehe…
Selain itu, ada niee TREND MAKANAN 2012 yang akan digemari khalayak umum yaitu makanan yang tidak membuat gemuk dan pastinya ALAMI..
makananyaitu dengan mengkombinasikan jenis sayuran dan buah buahan seperti disamping ini………
Lidah orang Indonesia juga sangat gemar sekali dengan yang namanya makanan dengan rasa yang pedasss yang akan menggoyang lidah anda semua..
tren dilihat dari gambarnya saja.. pastinya pengen cepat mencoba, jadi lapeerrrr……. yang pastinya sehat untuk dikonsumsi buat semua kalangan…..

MASAKAN KHAS SUNDA BANYAK DIMINATI ARTIS

ayam-peds

Ayam goreng pedas khas sunda

siapa ci yang ga kenal dengan masakan khas sunda??????? yang membuat lidah anda bergoyang??? banyak artis yang minat dengan masakan khas sunda . salah satu dari mereka adalah Mytha The Virgin,artis papan atas yang kini tengah naik daun dengan partnernya yang sekarang mengibarkan sayapnya di dunia tarik suara yaitu Dara The Virgin.. mereka berdua sangat hobi dengan makanan yang identik dengan rasa pedas berarti sangat cocok sekali jika MYtha merayakan ulang tahunnya dengan kuliner khas sunda… yang berbahan dasar lombok dan lada dan memiliki cita rasa yang tinggi serta memuat cerita dan budayanya sendiri sehingga tidak salah jika mereka sebagai generasi muda yang cinta akkan budaya menjadi penikmat makanan khas sunda bercita rasa pedas dengan kombinasi rempah rempah khas Indonesia. Selain itu masakan khas sunda juga kaya akann vitamin yaitu vitamin nabati… jadi jangan sampai ketinggalan untuk mencoba makanan khas sunda … artis saja tidak mauu ketinggalan uuntuk berkuliner makanan khas sunda seperti ayam goreng pedasssss…………..

Kreasi Roti

Kreasi Roti Unik

Bahan :roti-bakar-
- Roti tawar/roti tawar kasino 1 loaf -
- Margarin 50 gram -
- Selai stroberi 75 gram -
- Coklat meses 75 gram -
Cara membuat :
1. Kerat roti bakar sebanyak 3 kali sehingga terdapat 4 lapisan.
2. Buka kerat pertama, oles sisi kanan dan kiri roti dengan margarin. Lalu olesi dengan margarin. Lalu olesi dengan selai stroberi, tutupkan.
3. Buka kerat ke tiga, oles sisi kanan dan kiri roti dengan margarin, taburi dengan coklat meses, tutupkan.
4. Panaskan pan anti lengket, lelehkan sedikit margarin. Buka kerat ke dua, panggang hingga kecoklatan. Tutup dan panggang di seluruh sisi roti hingga kecoklatan. Angkat.
5. Potong-potong dan sajikan.
Untuk 8 potong

Kue ala ketela purple

resep-roti-telo Penampilannya menarik. Warna-warni. Rasanya manis juga enak. Ingin mencoba, silakan!
Bahan A Resep Roti Telo Ungu:
650 gram Ketela ungu
62,5 gram Gula pasir
12,5 gram Margarin
Cara Membuat Roti Telo Ungu:
1. Kukus ketela sampai lunak, kupas kulitnya kemudian haluskan.
2. Masak dengan gula pasir sampai airnya berkurang. Kemudian masukkan margarin.
Bahan B:
475 gram Tepung Cakra Kembar
25 gram Tepung Segitiga Biru
65 gram Gula pasir
7 gram Garam
150 gram Susu Bubuk
150 gram Ketela masak
6 gram Ragi instan
1,5 gram Bread improver
2 butir Kuning telur
1 butir Telur utuh
145 gram Air
40 gram Margarin
Cara Membuat:
1. Aduk bahan kering, kemudian masukkan ketela ungu masak.
2. Tambahkan telur dan air; aduk hingga menggumpal.
3. Kemudian masukkan margarin, aduk hingga kalis.
4. Angkat dan diamkan 10 menit; tutup plastik.
5. Timbang 50 gram, bulatkan. Istirahatkan 10 menit; tutup plastik.
Bahan Adonan Kulit Putih:
250 gram Terigu Cakra Kembar
25 gram Gula pasir
2,5 gram Garam
100 gram Shortening putih
125 gram Air panas
5 gram Baking powder
Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kering, aduk rata dengan kecepatan sedang.
2. Tambahkan air panas, kemudian shortening putih, aduk rata sampai adonan kalis.
3. Timbang adonan 14 gram.
Penyelesaian:
1. Pipihkan potongan adonan ungu, bulatkan, tutup dengan adonan putih, kemudian sayat atau gunting.
2. Istirahatkan selama 60 menit hingga adonan mengembang.
3. Bakar di oven pada suhu 180C selama 15 menit.
Kue pelangi merona with strawberry

Resep Kue Bolu Kukus Pelangi

Lagi pengen bikin kue kukus nih, gampang banget kok cuma pakai putih telur . Jadi deh, bikin bolu kukus pelangi ini. Untuk rasanya saya pilih rasa yang cukup berbeda dari kue-kue biasanya. Suka bosen…akhirnya saya pilih strawberry, lemon, mocca, dan pandan.
Bahan Kue Bolu Kukus Pelangi :
  • 325 gr gula pasir.
  • 250 gr tepung terigu.
  • 25 gr mentega cair.
  • 25 gr susu bubuk.
  • 500 ml putih telur.
  • 100 ml susu cair.
  • 1 sdm cake emulsifier.
  • 1 sdt baking powder.
  • 1 sdt pasta strawberry.
  • 1 sdt pasta lemon.
  • 1 sdt pasta mocca.
  • 1 sdt pasca pandan.
  • 1/2 sdt garam.
Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi :
  1. Kocok putih telur, gula pasir, dan garam hingga kental.
  2. Ayak tepung terigu, susu, dan baking powder.
  3. Campurkan susu cair dan mentega leleh.
  4. Masukkan campuran tepung terigu ke dalam adonan putih telur, aduk sampai rata.
  5. Kemudian tuang campuran susu, aduk rata kembali.
  6. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Kemudian beri masing-masing adonan dengan macam-macam pasta yang disediakan.
  7. Tuang adonan selapis demi selapis ke dalam loyang berukuran 20×20 cm yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
  8. Kukus adonan tiap lapisnya selama 7 menit, angkat keluarkan dari loyang, dinginkan.
  9. Kue bolu kukus pelangi siap untuk disajikan.
Selamat Mencoba dan menikmati…


Camilan Kripik Singkong

Kripik Singkong Asem Manis Pedas……..

keripik_singkong_balado_cassava_chips1
Singkong merupakan jenis umbi umbian yang banyak membawa manfaat besar, banyak orang memanfaatkan untuk bahan makanan. kalau belum di olah bentuknya memang tidaklah menarik dan tidak enak jika dimakan langsung tapi setelah diolah menjdi sebuah makanan pasti rasanya lezat dan membaw keuntungan besar bagi pengolahnya…
Nah, buat kalian yang masih menyepelekan singkong cepet cepet ni buat berfikir kreatif untuk diolah menjadi suatu makanan… dan kalau mau lebih hemat ni, mending kita menanam sendiri saja. Buat kalian para remaja gak usah malu malu buat menanam .
Di kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi resep cara membuat kripik singkong . selain cara pembuatannya yang mudah juga rasannya yang tidak membuat bosan.
Waktu memasukkan singkong ke dalam tumisan bumbu, pastikan gula benar-benar telah mengental dam berambut. Agar hasil keripik singkong terbalut bumbu dan tetap renyah.

bahan-bahan/bumbu-bumbu :
7 1/2 kg singkong bersih, diserut tipis jadi 5 kg
100 gram daun jeruk, diiris tipis
1.500 gram gula pasir
80 gram garam
600 ml air
100 ml cuka
750 ml minyak goreng untuk menumis
5 liter minyak goreng untuk menggoreng singkong
bumbu halus:
1 kg cabai warna merah yang ukurannya besar kemudian dikukus
500 gram bawang merah
250 gram bawang putih
Cara memasak :
  1. Goreng singkong dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum. Masukkan gula pasir, garam, dan air. Aduk-aduk sampai mengental dan ada busannya . Tambahkan asam jawa. dan aduk aduk hingga merata.
  3. Masukkan singkong goreng, Aduk rata., kemudian matikan api . Aduk terus sampai kental.
selamat mencoba…………….. kriuuukk, kriuuk

Camilan Gurih

Variasi Camilan kacang

Kacang mede kriuk.. kriuk

kacang-mete-goreng
Bahan :
1 kg kacang mete kering Bumbu Halus :
5 butir bawang putih
1 sdm garam
1 sdt gula pasir
Cara membuat :
Taruh kacang mete dalam wadah beserta bumbunya aduk -aduk hingga merata biarkan sebentar supaya bumbu meresap , setelah itu baru dech kacang digoreng hingga matang.

Kacang Telur krenyesss

kacang-telur-krenyess
Bahan Kacang Telur Krenyess :
* Kacang tanah kupas 400 gram
* Bawang putih 10 siung, haluskan
* Santan kental 200 ml
* Tepung kanji 350 gram
* Tepung maizena 85 gram
* Garam 2 sendok teh
* Ketumpar bubuk 1/4 sendok teh, sangrai
* Kuning telur 3 butir
* Telur ayam 1 butir
* Air 200 ml
* Kemiri 2 butir, sangrai, haluskan
* Gula pasir 1 sendok makan
* Minyak goreng 750 ml
Cara membuat Kacang Telur Krenyess :
1. Sangrai kacang tanah kupas hingga matang, angkat dinginkan.
2. Campur kacang tanah dengan bawang putih, garam, kemiri, gula pasir dan ketumbar. Aduk hingga rata.
3. Tambahkan 3 butir kuning telur dan satu butir telur, aduk hingga rata.
4. Tuangkan santan kental, aduk hingga adonan tercampur rata.
5. Masukkan tepung maizena dan tepung kanji, aduk hingga tercampur rata.
6. Pisahkan kacang yang sudah berbalut tepung agar tidak menggumpal.
7. Goreng hingga matang dan warnanya kecokelatan. Angkat, tiriskan, sajikang Kacang telur gurih.
Untuk 750 gram
Tips Kacang Telur Krenyess :
* Gunakan api kecil waktu menyangrai sehingga kacang matang merata dan tidak gosong.
* Pastikan kacang telah dingin sebelum dicampur dengan bahan lainnya. Karena kacang yang masih panas atau hangat cepat gosong saat digoreng.

Martabak Manis Cokelat Kacang

martabak-manis--cokelat-kacang1
Bahan Martabak Manis Cokelat Kacang : * Tepung terigu protein sedang, 1500 gram
* Gula pasir, 400 gram
* Vanili, 1 sendok teh
* Garam, secukupnya
* Kuning telur, 6 butir
* Air, 1950 ml
* Soda kue, 1,5 sendok teh
Bahan Isi dan Olesan :
* Gula pasir, 100 gram, untuk taburan
* Kacang tanah sangrai, 100 gram, tumbuk kasar
* Meses, 100 gram
* Susu kental manis, 100 ml
* Mentega/margarin, 100 gram
Cara membuat Martabak Manis Rasa Cokelat Kacang :
1. Campur terigu, gula pasir, vanili dan garam, aduk rata. Buat lubang di bagian tengah tepung, tambahkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan kental sekitar 10 menit. Diamkan adonan selama 1 3 jam.
2. Larutkan soda kue dengan 2 sendok makan air dan masukkan ke dalam adonan martabak manis sesaat sebelum adonan dicetak. Panaskan cetakan martabak manis di atas api sedang, lap hingga bersih. Tuang adonan martabak manis secukupnya, ratakan adonan hingga tepi cetakan.
3. Masak hingga serat atau lubangnya terbentuk hingga ke bagian tengah. Taburi gula pasir secukupnya, masak hingga gula mencair dan tepi kue kecokelatan.
4. Taburkan bahan isi ( kacang dan meses ) sesuai selera.
5. Tambahkan susu kental manis.
6. Angkat dengan kape atau solet stainless stell dan letakkan di atas papan pemotong.
7. Lipat membentuk setengah lingkaran, oles seluruh permukaannya dengan mentega/margarin hingga rata.
8. Potong sesuai selera dan sajikan.
Martabak Manis Cokelat Kacang
Tips Martabak Manis Cokelat Kacang : * Adonan ini dapat dicetak bentuk kecil kecil seperti yang sedang populer saat ini. Gunakan saja cetakan kue dorayaki.
* Saat meratakan adonan, jangan sampai irus atau alat yang digunakan menyentuh dasar loyang karena akan membuat kue berlubang.
* Jika ingin kulit lebih gurih, anda bisa mengganti air dengan santan atau susu cair.

Kreasi Camilan

Kreasi Camilan Sehat

Siapa yang tidak suka ngemcamilan-sehatil saat waktu luang?? Semua orang tertarik dengan yang namanya camilan . Camilan merupakan makanan ringan yang dinikmati sebagai selingan. Orang tidak akan pernah bosan untuk menyantapnya selama camilan yang ada dihadapannya belum habis, malahan bisa - bisa nambah terusss…. Camilan bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari camilan buah, makanan kering, sampai keripik. Rasa yang banyak diunggulkan untuk camilan adalah gurih, asin, manis, dan pedas pastinya.Camilan disukai semua kalangan terutama anak - anak muda sambil menemani mereka nongkrong, bahkan, saat berduaan sama pacar aja harus ditemani dengan yang namanya camilan. Tapi, Tidak hanya anak-anak muda saja yang gemar dengan camilan.Anak-anak, hingga orang tua juga sangat gemar dengan jenis makanan yang satu ini.
hal yang membuat camilan banyak penggemarnya adalah camilan ini tidak hanya terletak pada keaneka ragaman saja, namun yang tak kalah menjadi perhatian adalah rasanya yang begitu lengkap mulai dari asin; manis hingga pedas.
Selain itu faktor pendorong orang tertarik dan memutuskan untuk ngemil adalah rasa lelah, kerja di depan komputer dengan tugas yang sangat menumpuk dari pagi hingga petang, bahkan kadang malam hari, tentu membosankan dan pastinya lelah. Kopi sudah ada, teh plus krim mungkin tak ketinggalan. Biasanya untuk sejumlah pekerja kantoran, camilan juga tak boleh ketinggalan menemani hari-hari bekerja di ruangan. Berbicara soal camilan biasannya identik dengan gorengan, kacang, coklat atau makanan kemasan. Semuanya mengandung lemak, gula yang tinggi, MSG hingga pengawet. Tentu tidak sehat jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu panjang. Itu merupakan jenis camilan yang populer, hehehe..
Boleh dong sesekali atau malah setiap hari menyiapkan camilan sehat di meja Anda. Camilan yang rendah kalori, rendah lemak, rendah garam hingga berserat tinggi.
Berikut camilan sehat yang layak diletakkan di meja Anda dan juga sehat disantap :
1. Keju
Siapa bilang keju kolesterol, sama sekali tidak. Produk makanan dari susu sapi atau kambing ini sangat sehat. Lemak dan kalorinya rendah. Jadi tidak membuat perut Anda membuncit. Keju malah bisa membantu melancarkan saluran percernaan. Yang paling penting keju tidak memiliki bahan pengawet kimiawi.
Anda bisa memakan keju dengan roti gandum atau dimakan begitu saja. Usai menyantap keju, jika tersisa, bungkus dengan rapat dan simpan di kulkas.
2. Biskuit beras Quaker
Quaker selalu mengutamakan kebersihan dan kandungan gizi di setiap produknya. Menyukai biskuit? Anda boleh mengganti biskuit coklat atau dodol yang biasa disantap di kantor dengan biskuit beras Quaker. Biskuit beras Quaker mengandung kalori rendah. Rasanya memang tawar, tapi jika diolesi dengan selai atau keju, tentu akan menjadi beda.
3. Biskuit Mini Larabar
Tak suka dengan rasa biskuit beras Quaker yang tawar, Anda bisa memilih biskuit mini Larabar. Biskuit ini memiliki rasa apple pie dan kue kacang, tentu cocok dengan lidah kebanyakan orang Indonesia. Biskuit Mini Larabar dibuat dari bahan baku pilihan serta rendah bahan pengawet.
4. Jagung berondong
Jagung berondong atau populer dengan sebutan popcorn biasanya menjadi teman di saat nonton bioskop. Popcorn juga bisa dijadikan camilan di saat bekerja di kantor. Tapi jika tak ingin tekanan darah Anda naik, kurangi takaran garamnya ketika akan memanggang atau ganti dengan madu asli.
5. Buah
Buah segar sudah pasti sehat. Anda bisa memilih apel, pisang, jeruk, pir atau pepaya. Tinggal pilih. Ada baiknya jangan menyantap buah yang sudah dikupas kulitnya lebih dari empat jam. Kesegaran dan vitaminnya dipastikan sudah berkurang banyak.

Kreasi Puding

puding aloe vera aneka warna

Puding Aloe vera aneka warna

Bahan A :
  • 2 sdm jeruk lemon/nipis
  • 1 sdm jeruk lemon parut
  • 2 bks agar2 bubuk putih
  • 500 ml air
  • 175 gr gula pasir
  • 1/2 sdt tetes pewarna kuning lemon
  • 150 ml putih telur
  • 500 gr aloe vera
Bahan B :
  • 300 ml air
  • 1/2 bks agar2 hijau
  • 100 gr gula pasir
Bahan saus :
  • 2 kuning telur
  • 1 sdm tepung maizena
  • 500 ml susu cair
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdm rum
Cara membuat :
  1. Didihkan agar2 bersama air dan gula.Masukkan air jeruk,kulit jeruk dan pewarna kuning lemon,aduk perlahan diatas api kecil,angkat.Sisihkan sampai hangat.
  2. Kocok putih telur sampai kaku.Masukkan adonan agar2 kuning kedalam putih telur,aduk terus sampai adonan hampir dingin.tambahkan setengah bagian aloe vera.masak air,agar2 hijau dan gula pasir sampai mendidih,angkat lalu masukkan sisa aloe vera.
  3. Siapkan loyang,perciki dengan air matang.
  • Tuang adonan agar2 kuning setengah bagian kedasar loyang,tunggu hingga setengah dingin.
  • Lalu tuang adonan hijausetengah bagian,tunggu hingga setengah dingin,lakukan hingga adonan habis.
  • Dinginkan sampai menggeras.keluarkan puding dari loyang.
Cara membuat saus :
Aduk kuning telur bersama tepung maizena sampai rata.tuang 100 ml susu,aduk.Masak sisa susu dengan gula pasir sampai mendidih dan larut,lalu kecilkan apinya.Masukkan adonan telur kedalamnya,aduk terus sampai rata dan mengental,angkat.Aduk2 hingga dingin,masukkan rum,aduk rata.

Puding susu capucino

puding-susu
Bahan A :
  • 400 ml susu cair
  • 50 gr capucino bubuk
  • 1 bks agar2 bubuk
  • 50 gr gula pasir
  • 3 pth telur
  • 1/4 sdt garam
  • 30 gr gula pasir
  • 8 buah biskuit oreo,dibuang krimnya
Bahan B :
  • 250 ml air
  • 1 sdt kopi instan
  • 50 gr gula pasir
  • 3 gr agar2 bubuk
Bahan C :
  • 400 ml susu cair
  • 1/2 bungkus agar2 bubuk
  • 25 gr capucino bubuk
  • 35 gr gula pasir
  • 1/4 sdt moka pasta
Cara memuat :
  1. Bahan A : rebussusu cair,capucino bubuk,agar2 dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih.
  2. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang.Tambahkan gula pasir sedikit2 sambil dikocok sampai mengembang.
  3. Masukkan rebusan puding sedikit2 sambil dikocok sampai rata.
  4. Tuang diloyang.biarkan setengah beku.Tata biskuit oreo sedikit menumpuk.
  5. Bahan B : Rebus air,kopi instan,gula pasir,dan agar2 sambil diaduk sampai mendidih.Tuang
  6. Bahan C : Rebus susu cair,agar2 bubuk,capucino bubuk,moka pasta,dan gula pasir sampai diaduk sampai mendidih.
  7. Tuang diatas bahan B.bekukan.

Puding Saus Karamel

puding-karamel
Bahan puding :
  • 1500 susu cair
  • 250 gr gula pasir
  • 1 bks agar2 bubuk
  • 50 gr coklat bubuk
  • 1 sdt kopi instan
  • 2 kuning telur
Bahan saus karamel :
  • 100 gr gula pasir
  • 400 ml air panas
  • 2 sdt tepung maizena dan 2 sdt air,dilarutkan untuk pengental
Bahan pelengkap:
  • 1 kaleng buah koktail
Cara membuat :
  1. Puding ; rebus susu cair,gula pasir,agar2,coklat bubuk,dan kopi instan sambil diaduk sampai mendidih.Matikan api
  2. Ambil sedikit adonan,tuang ke kuning telur.Aduk rata,mAsukkan lagi ke rebusan puding.Masak sampai mendidih
  3. Tuang ke gelas.bekukan
  4. Saus karamel : gosongkan gula pasir.Tuang air panas.aduk sampai larut.Kentalkan dengan larutan tepung maizena.Masak sampai meletup-letup
  5. Sajikan puding dengan ditabur buah koktail dan siram dengan saus karamel

puding zebra capucino

Ingredients 1pudding-zebra-cappucino_60752767e1988befe1e30463bc2448ba
  • 400 ml susu cair
  • 2 sachet cappucino bubuk (50 gr)
  • 1 bks agar-agar bubuk
  • 50 gr gula pasir
  • 3 putih telur
  • sdt garam
  • 60 gr gula pasir
  • sdt coklat pasta
  • 18 buah biskuit
Ingredients 2
  • 400 ml susu cair
  • 2 sachet cappucino bubuk
  • bks agar-agar bubuk
  • 50 gr gula pasir
  • 1 kuning telur
  1. Lapisan I : rebus susu cair, cappucino bubuk, agar-agar bubuk dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih, sisihkan. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang. Tuang rebusan susu cair sedikit-sedikit sambil dikocok peralahan.
  2. Ambil 150 gr adonan tambahkan coklat pasta aduk rata.
  3. Tuang 2 sendok sayur adonan cappucino di tengah loyang bulat diameter 18 cm dan tinggi 7 cm, di titik yang sama tuang satu sendok sayur adonan coklat. Tuang kembali 2 sendok sayur adonan cappucino juga di titik yang sama menyusul 1 sendok sayur adonan coklat di titik yang sama begitu seterusnya hingga adonan habis. Biarkan setengah beku.
  4. Tata biskuit melingkar di bagian pinggir atas jangan sampai ke tengah, sisihkan.
  5. Lapisan II : rebus susu cair, cappucino bubuk, agar-agar bubuk dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih, matikan api. Ambil sedikit rebusan pudding tuang ke kuning telur, aduk rata. Masukkan lagi ke rebusan pudding. Aduk rata, nyalakan api, masak sambil diaduk sampai mendidih.
  6. Tuang perlahan di atas biskuit. Bekukan.
Puding merupakan makanan manis yang sangat cocok jika dihidangkan saat malam hari ditemani dengan kopi… makanan indonesia sangatlah beragam tapi, puding menjadi salah satu makanan favorit bangsa indonesia maupun mancanegara mulai dari anak - anak , remaja, dan orang dewasa karena rasanya yang sangat menggugah dan aneka warna yang sangat menarik. harganyapun terjangkau dan porsi bisa sesuai selera. untuk itu jangan ragu untuk mencoba resep puding ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar